Analisis Kasus Multicultural
Community Relations dan Solusinya
Contoh Permasalahan :
Perusahaan A merupakan perusahaan yang
memproduksi olahan susu dalam kemasan kardus. Pada akhir tahun, perusahaan
tersebut memiliki 10.000 stok susu yang belum terjual, namun waktu kadaluarsa
dari prosuk susu tersebut tinggal sebulan lagi. Jika susu tersebut dibagikan
kepada karyawan atau masyarakat, maka diperkirakan citra perusahaan tersebut
bisa tercoreng karena memberikan produk sisa yang tidak laku dan hampir kadaluarsa.
Apa yang harus dilakukan perusahaan agar stok susu tersebut tidak terbuang
percuma? Dan bagaiamana peran Public Relations dalam meningkatkan citra
perusahaan dari produk susu yang belum laku terjual tersebut?
Solusi
:
Bekerja sama dengan ibu-ibu PKK di
lingkungan sekitar untuk mengadakan bazar yaitu menjual produk tersebut dengan
harga yang murah dibawah harga pasaran, dimana hasil penjualan dari produk
tersebut akan disumbangkan dan digunakan untuk membantu memeperbaiki sekolah
PAUD di kampung tersebut yang sudah rusak serta memperbaki infrastruktur di
posyandu yang juga mulai rusak.
Keuntungan
:
Untuk meningkatkan reputasi, memperkuat
bisnis perusahaan di masa depan, memberi dampak bagi penyelesaian masalah
sosial dalam komunitas lokal, serta membangun identitas merek yang positif di
mata pelanggan.
Referensi
:
https://media.neliti.com/media/publications/4471-ID-corporate-social-responsibility-perusahaan-kepada-masyarakat-studi-kasus-pada-pt.pdf Diunduh pada 15 Maret 2018 pukul 19.40 WIB
https://nururbintari.wordpress.com/tag/cause-related-marketing/
Diakses pada 15 Maret 2018 pukul 19.55 WIB
0 comments:
Post a Comment