Definisi
Komunikasi Massa Menurut Para Ahi
1.
Berger
Komunikasi massa melibatkan penggunaan media cetak
atau elektronik, seperti sebagai Surat Kabar, majalah, film, radio atau
televisi, untuk berkomunikasi sejumlah besar orang yang berada di berbagai
tempat sering tersebar di seluruh negara atau dunia. Orang-orang yang mencapai
mungkin berada di kelompok-kelompok dari berbagai ukuran atau mungkin
satu-satunya individu. Sejumlah berbeda elemen membuat media komunikasi massa.
Gambar, bahasa lisan, bahasa dicetak, efek suara, musik, warna, pencahayaan dan
berbagai teknik lainnya yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dan
memperoleh efek tertentu.
Penjelasan:
Secara garis besar pemahaman
konsep tentang Berger yaitu bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang
dilakukan dengan menggunakan media massa seperti televisi dan radio yang ditujukan
kepada khalayak yang luas dan heterogen. Ilmu komunikasi massa yaitu merupakan
kajian yang berusaha untuk memahami simbol-simbol yang dibuat, diproses dalam
sebuah sistem yaitu dengan media sehingga menimbuklkan efek dan diuji dalam
sebuah teori yang digeneralisasikan yang menjadi fenomena terkait dengan proses
komunikasi secara luas. Artinya komunikator dalam komunikasi massa dalam
menyebarkan pesan-pesannya bermaksud mencoba berbagi pengertian dengan jutaan
orang yang tidak saling kenal atau mengetahui satu sama lain.
2.
Bittner
Komunikasi massa adalah
pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.
Penjelasan: Definisi tersebut memberikan batasan pada
komponen-komponen
komunikasi massa yaitu mencakup
pesan-pesan, media massa (koran,
majalah, tv, film dan radio) dan
khalayak.
3.
Defleur dan
Dennis
Komunikasi masa adalah suatu
proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan
pesan-pesan secara luas dan secara terus-menerus, menciptakan makna-makna yang
diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan
melalui berbagai cara.
Penjelasan: Definisi tersebut memiliki gambaran yang
luas. Penonjolan definisi
ini
terutama pada bagaimana sumber informasi (media massa) mengemas dan menyajikan
pesan. Dengan cara dan gaya tertentu menciptakan makna
terhadap
suatu peristiwa, sehingga mempengaruhi khalayak.
4.
Gerbner
Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan
teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki
orang dalam masyarakat Indonesia.
Penjelasan: Dari definisi Gerbner
tergambar bahwa komunikasi massa itu
menghasilkan
suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi. Produk
tersebut
disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus
menerus
dalam jarak waktu yang tetap.
5.
Meletzke
Komunikasi massa diartikan
sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka
melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik
yang tersebar.
Penjelasan: Definisi komunikasi
massa dari Meletzke berikut ini memperlihatkan
massa
yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari penggunaan
media
massa, juga sifat pesannya yang terbuka untuk semua orang. Istilah
tersebar
menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan
tidak berada
di suatu tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.
Sumber:
Aras, M. (2012).
Komunikasi Massa [berkas PDF].
Diambil dari
library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-2-01422-MC%20Bab2001.pdf
Marhaeni, D. (2015).
Komunikasi Massa [berkas PDF]. Diambil
dari
Romli, K.
(2016). Komunikasi Massa [berkas
PDF]. Tersedia di http://www.books.google.com
0 comments:
Post a Comment