Monday, 2 September 2019

Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahi


Definisi Komunikasi Massa Menurut Para Ahi

1.      Berger
Komunikasi massa melibatkan penggunaan media cetak atau elektronik, seperti sebagai Surat Kabar, majalah, film, radio atau televisi, untuk berkomunikasi sejumlah besar orang yang berada di berbagai tempat sering tersebar di seluruh negara atau dunia. Orang-orang yang mencapai mungkin berada di kelompok-kelompok dari berbagai ukuran atau mungkin satu-satunya individu. Sejumlah berbeda elemen membuat media komunikasi massa. Gambar, bahasa lisan, bahasa dicetak, efek suara, musik, warna, pencahayaan dan berbagai teknik lainnya yang digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dan memperoleh efek tertentu.

            Penjelasan:
Secara garis besar pemahaman konsep tentang Berger yaitu bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan media massa seperti televisi dan radio yang ditujukan kepada khalayak yang luas dan heterogen. Ilmu komunikasi massa yaitu merupakan kajian yang berusaha untuk memahami simbol-simbol yang dibuat, diproses dalam sebuah sistem yaitu dengan media sehingga menimbuklkan efek dan diuji dalam sebuah teori yang digeneralisasikan yang menjadi fenomena terkait dengan proses komunikasi secara luas. Artinya komunikator dalam komunikasi massa dalam menyebarkan pesan-pesannya bermaksud mencoba berbagi pengertian dengan jutaan orang yang tidak saling kenal atau mengetahui satu sama lain.

2.      Bittner
Komunikasi massa adalah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang.

Penjelasan: Definisi tersebut memberikan batasan pada komponen-komponen
       komunikasi massa yaitu mencakup pesan-pesan, media massa (koran,
       majalah, tv, film dan radio) dan khalayak.

3.      Defleur dan Dennis
Komunikasi masa adalah suatu proses dalam mana komunikator-komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas dan secara terus-menerus, menciptakan makna-makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara.

Penjelasan: Definisi tersebut memiliki gambaran yang luas. Penonjolan definisi
ini terutama pada bagaimana sumber informasi (media massa) mengemas dan menyajikan pesan. Dengan cara dan gaya tertentu menciptakan makna
       terhadap suatu peristiwa, sehingga mempengaruhi khalayak.

4.      Gerbner
Komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi lembaga dari arus pesan yang kontinyu serta paling luas dimiliki orang dalam masyarakat Indonesia.

            Penjelasan: Dari definisi Gerbner tergambar bahwa komunikasi massa itu
       menghasilkan suatu produk berupa pesan-pesan komunikasi. Produk
       tersebut disebarkan, didistribusikan kepada khalayak luas secara terus
       menerus dalam jarak waktu yang tetap.

5.      Meletzke
Komunikasi massa diartikan sebagai setiap bentuk komunikasi yang menyampaikan pernyataan secara terbuka melalui media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar.
            Penjelasan: Definisi komunikasi massa dari Meletzke berikut ini memperlihatkan
       massa yang satu arah dan tidak langsung sebagai akibat dari penggunaan
       media massa, juga sifat pesannya yang terbuka untuk semua orang. Istilah
       tersebar menunjukkan bahwa komunikan sebagai pihak penerima pesan
       tidak berada di suatu tempat, tetapi tersebar di berbagai tempat.

Sumber:
Aras, M. (2012). Komunikasi Massa [berkas PDF]. Diambil dari
            library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-2-01422-MC%20Bab2001.pdf
Marhaeni, D. (2015). Komunikasi Massa [berkas PDF]. Diambil dari
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa [berkas PDF]. Tersedia di http://www.books.google.com

0 comments:

Post a Comment

Footer

Footer
Footer

Text Widget

Copyright © Kumpulan Tugas Sekolah Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com