Monday, 2 September 2019

Karakteristik Komunikasi Massa


Karakteristik Komunikasi Massa

1. Pesan serempak/ waktu bersamaan
Komunikasi massa selalu memiliki komunikan yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan komunikasi jenis lainnya. Hal itulah yang merupakan salah satu kelebihan dari komunikasi massa.
Selain memiliki komunikan atau penerima pesan yang banyak, komunikasi massa juga memiliki kelebihan yaitu memiliki waktu yang serempak alias bersamaan dalam waktu tertentu ketika pesan disampaikan melalui media massa dalam bentuk artikel tersebut. Hal ini dapat menguntungkan adanya jarak yang relative jauh dan tidak terbatas antara komunikator dengan komunikannya.
Sifat waktu yang serempak pada komunikasi massa itu dapat kita lihat pada komunikasi yang terjadi pada pertelevisian. Informasi yang ditayangkan di televisi pastinya akan ditayangkan setiap hari atau stripping dan disaksikan oleh jutaan penonton sebagai komunikannya. Dalam waktu yang sama tentunya juga mereka menyaksikan dan menerima pesan tersebut dari komunikator.

2. Pesan Bersifat Umum/Publik
Komunikasi massa merupakan jenis komunikasi yang bersifat terbuka. Dengan kata lain bahwa komunikasi massa itu ditujukan ke semua orang bukan pada kelompok tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi massa itu merupakan jenis komunikasi yang bersifat umum dan publik. Pesan dalam komunikasi massa itu di antaranya:
·         Fakta : Pesan yang disampaikan sesuai dengan realita yang ada tanpa adanya unsur tambahan yang sifatnya mengada-ada.
·         Peristiwa : Pesan yang disampaikan ketika terdapat suatu kejadian yang layak diinformasikan kepada masyarakat juga sesuai dengan kaidah-kaidah pers yang telah ditetapkan.
·         Opini : Suatu pesan yang disampaikan berdasarkan pemikiran atau sudut pandang tertentu. Pada umumnya, opini dibuat berdasarkan sudut pandang dari penulisnya sendiri dengan bukti atau referensi-referensi yang kuat sebagai alat atau senjata dalam menulis pemikirannya dan menyampaikan pendapatnya.

3. Komunikan Anonim dan Heterogen
Komunikan pada komunikasi massa itu bersifat anonim dan heterogen. Anonim artinya bahwa pembaca atau penerima pesan itu tidak ada yang tahu siapa dan di mana. Sedangkan sifat heterogen ini merupakan sifat yang beragam dan berbeda-beda alias luas pemaknaan sifatnya.
Namun, seorang komunikator harus dapat mengerti sifat dan karakter dari pembacanya yang berperan sebagai komunikan. Dengan kata lain, komunikator pada media massa haruslah mengerti status dari pembacanya. Entah dari pendidikannya, sikapnya hingga perilakunya. Sehingga komunikator dapat menyampaikan pesan sesuai dengan sasarannya.
Komunikan pada media massa bersifat anonym karena seorang komunikator tidak pernah mengenal komunikannya. Hal ini disebabkan karena adanya media perantara dalam menyampaikan pesan atau informasi yang berupa artikel tersebut alias tanpa adanya komunikasi tatap muka.

1.    4. Komunikasi Terlembaga/Terstruktur
Ciri utama pada komunikasi massa adalah komunikatornya. Wright mengemukakan pendapatnya bahwa komunikator pada sebuah komunikasi massa merupakan individu yang bergerak sebagai komponen yang kompleks. Secara kronologis, pesan atau informasi ini telah disampaikan oleh komunikator kepada komunikan si penerima pesan dalam proses komunikasi.

5. Mengutamakan Isi daripada Hubungan/Timbal Balik
Di dalam setiap komunikasi selalu memiliki unsur isi konten atau pesan dan hubungan atau timbal balik dari komunikan. Jika di dalam komunikasi antar personal, hubungan merupakan unsur yang sangat penting dalam berkomunikasi. Karena pesan yang disampaikan tidak harus terstruktur dan terkesan bebas juga tanpa adanya karakteristik.
Berbeda halnya dengan komunikasi massa yang memiliki karakteristik dan haruslah tersusun, sehingga dalam komunikasi massa haruslah melibatkan isi yang berkualitas dan tidak memandang hubungan dengan komunikan.
Itu sebabnya konmunikasi massa selalu terdapat adanya propaganda alias sering mengundang controversial yang timbul dari masyarakat. Namun, hal itu dapat diantisipasi oleh kaidah atau kebijakan-kebijakan yang ada dalam media massa.

6. Bersifat Satu Arah
Seperti halnya pada pengertian bahwa komunikasi massa, pesan disampaikan melalui media massa. Sehingga terdapat perantara berupa media massa atau cetak. Dengan adanya perantara pesan tersebut ini membuat antara komunikator dengan komunikan tidak dapat bertatap secara langsung dalam proses komunikasi.
Dalam komunikasi massa, sebenarnya antara komunikator dengan komunikan yang berperan aktif, namun keduanya tidak bisa berdialog atau berkomunikasi secara langsung seperti yang terjadi pada proses komunikasi antar personal. Hal inilah yang membuat komunikasi massa ini bersifat satu arah.
Hal ini dapat ditinjau dari contoh ketika kita mendapatkan pesan berupa berita yang disampaikan melalui televisi, dan kita ada beberapa bagian yang tidak kita pahami, maka kita tidak dapat berkomunikasi langsung ke komunikator untuk mengulang atau menjelaskan pesan tersebut. Hal inilah yang dinamakan sifat satu arah dalam komunikasi. Komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan dan komunikan menerima pesan tersebut tanpa adanya timbal balik dari komunikan atau dialog langsung dengan komunikator.

7. Stimulasi Alat Indera Terbatas
Stimulasi alat indera pada komunikasi massa bergantung pada jenis media massa yang ada. Seperti halnya pada media massa melalui surat kabar seperti Koran atau majalah yaitu hanya menggunakan indera penglihatan yaitu mata, untuk media melalui radio menggunakan pendengaran yaitu telinga karena berupa audio sedangkan pada media televisi, komunikan menerima pesan dengan dua indera yaitu penglihatan dan pendengaran yaitu mata dan telinga karena bersifat auditif dan visual.
Berbeda halnya dengan komunikasi antarpersonal yang bersifat ketemu langsung atau bertatap muka. Maka alat indera yang digunakan dalam proses komunikasi ini dapat digunakan secara optimal dan maksimal. Karena selain menggunakan pendengaran dan penglihatan, antara komunikan dengan komunikator dapat menggunakan indera perasa.

8. Umpan Balik Tertunda
Seorang komunikator dalam proses komunikasi massa ini memang tidak dapat menyampaikan balasan pesan atau umpan balik ke komunikatornya. Namun, hal itu dapat dilakukan bukan secara langsung namun dilakukan secara bertahap yaitu melalui procedural yang ada dan sudah ditetapkan oleh media yang ia terima.
Seorang komunikator tidak hanya fokus pada ucapan komunikannya, namun juga gerakan panca indera, serta gerakan lainnya yang dapat di interpretasikan oleh komunikan. Semua gerakan tersebut pada akhirnya menjadi simbol umpan balik yang bersifat langsung (direct feedback), ataupun yang bersifat segera (immediate feedback). Kemudian, respon khalayak bisa diterima melalui berbagai media, baik media komunikasi modern maupun langsung dalam bentuk komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal. Selama respon tersebut masih dalam ruang lingkup komunikasi massa.


            Referensi :
Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala dan Siti Karlinah, Komunikasi Massa Suatu
Pengantar, Simbiosa Rekatam Media, Bandung, 2007.

0 comments:

Post a Comment

Footer

Footer
Footer

Text Widget

Copyright © Kumpulan Tugas Sekolah Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com