Uraian Singkat dan Implementasinya tentang Model-Model
Komunikasi
A.
Linear
(Satu Arah)
1.
Model
Aristoteles
Uraian : Menurut Aristoteles, setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur
utama:
pembicara (speaker), pesan (message), dan pendengar (listener).
Contoh Implementasi :
Rifal (speaker) berpidato tentang bahaya
narkoba (massage) kepada anggota kelas humas c (listener).
Ajakan persuasi : (Rifal berusaha mempengaruhi
anggota kelas humas c agar menjauhi narkoba)
2.
Model
Laswell
Uraian
: Menurut Harold lasswell, Komunikasi
adalah pesan yang disampaikan kepada
komunikan
(penerima) dari komunikator (sumber) melalui saluran-saluran tertentu baik
secara langsung/tidak langsung dengan maksud memberikan dampak/effect kepada
komunikan sesuai dengan yang diingikan komunikator, yang memenuhi 5 unsur who, says what, in which channel, to whom, with what effect.
Contoh Implementasi :
Rifal sebagai calon
ketua BEM Kema Unpad (siapa), berbicara mengenai perubahan yang harus dilakukan
para mahasiswa untuk kemajuan universitasnya (apa), melalui kampanye yang disiarkan
melalui Radio Unpad (saluran), kepada khalayak atau mahasiswa unpad (kepada siapa) dengan
pengaruh yang terjadi yaitu khalayak mendapat informasi terhadap calon
ketua BEM untuk memilihnya atau tidak memilihnya (efek).
3.
Model
Shannon-Weaver
Uraian : Model ini membahas berbagai konsep
seperti sumber Informasi, pemancar, noise
(gangguan),
saluran, pesan, penerima, saluran, tujuan informasi, encode dan decode.
Contoh Implementasi :
Rifal menelepon temannya
"Kesini dong, aku mau bertemu denganmu". Selama menelpon tersebut, terdengar suara bising
(error transmisi) dan temannya hanya mendengar "aku mau" saja. Teman
yg ditelpon tersebut bertanya kepada Rifal (umpan balik) "apa yang kamu mau
Rifal?"
4. Model Berlo
Uraian : Dalam model komunikasi David K.
Berlo, terdapat unsur-unsur utama komunikasi
yang dikenal dengan SCMR, yaitu Source (sumber), Channel
(saluran), Message
(pesan), dan Receiver (penerima). Di samping itu,
terdapat juga tiga unsur lain,
yaitu Feedback (tanggapan balik), Efek , dan Lingkungan.
Setiap unsur ini akan
saling bergantung satu sama lain dan memiliki peranan
penting dalam
membangun proses komunikasi.
Contoh Implementasi :
Dosen sebagai Sourch atau sumber
belajar. Message adalah materi dan bahan pengajaran dari guru. Melihat,
mendengar, dan memperhatikan sebagai chanel dalam memahami materi pelajaran,
serta mahasiswa sebagai Receiver. Dimana terdapat Feedback dalam kegiatan
belajar , berupa tugas, kuis, UTS, dan UAS yang menentukan penilaian. Efek Mahasiswa
dapat mengerti materi yang disampaikan. Lingkungan yaitu kondisi/situasi dalam
pembelajaran
B.
Sirkuler
1.
Model
DeFleur
Uraian
: Komunikasi
ini menggambarkan proses komunikasi melalui media massa.
dimana terdapat 8 komponen proses
komunikasi massa, yaitu: source, transmitter, channel, receiver,
destination, noise, mass medium device, dan feedback device.
De Fleur hanya memperluas model
komunikasi Shannon & weaver dengan memasukkan perangkat media massa dan
menyarankan agar proses komunikasi melingkar dan juga memungkinkan umpan balik
dua arah.
Contoh
Implementasi :
Kuis
atau telepon Interaktif di acara televisi, dimana saat itu komunikan diberikan
kesempatan untuk memberikan feedback
2.
Model
Schramm
Uraian : Schramm
percaya bahwa latar belakang individu yang terlibat memainkan peran
penting dalam komunikasi. Orang dengan
berbagai pengetahuan, pengalaman
dan praktik budaya menafsirkan pesan dengan
cara yang berbeda dari yang lain.
Seorang pengirim meneruskan informasi
tersebut ke penerima. Penerima
menginterpretasikannya sesuai dengan
pengetahuan, pengalaman dan memberi
umpan balik kepada pengirim.
Contoh Implementasi :
Seseorang berbicara dengan orang lain yang tidak mengerti
bahasa Inggris. Orang tersebut mengkode pesan dan menulis pesan dalam bentuk
bahasa. Orang lain tsb tidak dapat membacanya karena orang tersebut tidak dapat
memahami bahasa tersebut. Umpan balik segera diteruskan ke pengirim yang
mengakui bahwa penerima belum menafsirkan pesan tersebut.
3.
Model
Newcomb
Uraian
: Model Newcomb bekerja dalam format segitiga atau sistem ABX . A
(Pengirim),
B (Penerima),
dan X (factor yang mempengaruhi).
Hubungan antara A dan B adalah seperti siswa dan guru, pemerintah dan publik
atau koran dan pembaca. Pengirim dan Penerima dapat bekerja dalam arus yang
sama namun pada saat yang sama beberapa faktor seperti "X" dapat
mempengaruhi arus hubungan mereka. "X" mungkin orang ketiga, isu,
topik atau kebijakan.
Contoh
Implementasi :
Rifal memutuskan untuk mengambil prodi S1 Humas UNPAD yang
menurut sebagian orang kurang pantas untuk fashionnya, terus saja meminta
pendapat teman-temannya dan orang lain yang kira-kira akan mendukung
keputusannya itu untuk menghindari pendapat yang bertentangan.
4.
Model
Westley & MacLean
Uraian
: Westely dan Maclean menyadari bahwa komunikasi tidak dimulai saat seseorang
mulai
berbicara, tapi ketika seseorang merespons dengan lingkungan fisiknya. Model
ini mempertimbangkan hubungan yang kuat antara respon dari lingkungan sekitar
dan proses komunikasi. Komunikasi hanya dimulai saat seseorang menerima pesan
dari lingkungan sekitar.
Contoh
Implementasi :
Rifal
akan pergi kerja kelompok di tempat yang jauh. Tiba-tiba dijalan hujan lebat
dan jalanan macet. Rifal harus menyampaikan pesan kepada anggota kelompoknya
karena tdk bias tiba tepat waktu. Rifal bisa mengubungi semua orang, tapi Rifal
lebih memilih menghubungi salah satu teman anggota kelompoknya saja agar dia
menyapaikannya kepada yang lainnya.
C.
Spiral
/ Helical
1.
Model
Dance
Uraian
: Frank Dance menjelaskan proses komunikasi berdasarkan struktur Helix ini dan
membandingkannya
dengan komunikasi. Dalam struktur Helix, bagian bawah atau awal sangat kecil
maka secara bertahap bergerak ke atas dalam gerakan memutar maju dan mundur
yang membentuk lingkaran lebih besar di bagian atas dan masih bergerak lebih
jauh. Seluruh proses membutuhkan beberapa waktu untuk mencapainya. Seperti
halnya heliks, proses komunikasi mulai sangat lambat dan didefinisikan
lingkaran kecil. Komunikator berbagi informasi hanya dengan sebagian kecil dari
diri mereka terhadap hubungan mereka. Secara bertahap berkembang ke tingkat
berikutnya namun akan memakan waktu untuk mencapai dan memperluas
batas-batasnya ke tingkat berikutnya. Kemudian komunikator melakukan lebih
banyak dan berbagi lebih banyak bagian itu sendiri.
Contoh
Implementasi :
Ketika
bayi, satu-satunya sarana komunikasi adalah menangis, dia menangis karena
segala hal seperti kelaparan, sakit, dingin dll. Saat anak tumbuh, ia belajar berbicara,
kemudian ia belajar bahasa untuk mendapatkan perhatian dan untuk memenuhi
kebutuhannya. Sebagai Helix, proses komunikasi dalam hal ini dimulai dari
tangisan dan kemudian berkembang menjadi sarana yang kompleks dan majemuk.
2.
Model
Noelle-Newman
Uraian
: Yang mendasari model ini adalah bahwa
sebagian besar individu mencoba
menghindari isolasi, dalam pengertian bahwa ia sendirian
atas kepercayaan atau sikap yang diyakininya. Karenanya seseorang memperhatikan
lingkungannya dalam mempelajari pandangan-pandangan mana yang menguat dan mana
yang tidak populer.maka dengan demikian pendapat yang dominan akan semakin
kuat. Persepsi individu bukan satu-satunya kekuatan dalam model ini, kekuatan
lainnya adalah media massa.
Contoh
Implementasi :
Di
sebuah perusahaan, direktur pelaksana memutuskan untuk meningkatkan jam kerja
mereka dari jam 8 sampai 10 dan mengirim e-mail ke semua karyawan. Mayoritas
mereka menerima perubahan waktu ini dan sedikit karyawan yang tidak puas dengan
keputusannya. Tapi mereka tidak bisa atau siap mengekspresikan pemikiran mereka
di depan umum.
3.
Model
Tubbs
Uraian
: Mengasumsikan kedua peserta komunikasi sebagai
pengirim dan sekaligus juga
penerima pesan. Ketika kita berbicara (mengirimkan pesan),
sebenarnya kita juga mengamati perilaku mitra bicara kita dan kita bereaksi
terhadap pelakunya yang kita lihat tersebut. Prosesnya bersifat timbal balik
atau saling mempengaruhi. Misal disebut komunikator 1 dan komunikator 2.
Contoh
Implementasi :
Rifal adalah seorang mahasiswa jurusan humas di UNPAD
bertemu dengan seorang mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dari UNDIP. Disitu
terjadilah komunikasi dengan sukses karena memiliki pengalaman
yang sama akan lebih mudah untuk berkomunikasi, sehingga pertukaran informasi
lebih mudah dicapai.
Referensi :
Mulyana,
Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu
Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rustan,
Ahmad Sultra dan Nurhakki Hakiki. 2017. Pengantar
Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Deepublish
Suprapto,
Tommy. 2009. Pengantar Teori dan
Manajemen Komunikasi. Yogyakarta: Medpress
West,
Richard dan Lynn H. Turn. 2008. Pengantar
Teori Komunikasi, Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika
Wiryanto.
2004. Pengantar Ilmu Komunikasi.
Jakarta: Grasindo
http://communicationtheory.org/
diakses pada 11-10-2017 pukul 19.30 WIB
https://pakarkomunikasi.com/
diakses pada 01-10-2017 pukul 09.30 WIB
https://pdfdokumen.com/journal-communication-spectrum-model-komunikasi/
https://www.academia.edu/4911900/MODEL_KOMUNIKASI
diakses pada 01-10-2017 pukul 09.25 WIB
0 comments:
Post a Comment